Manfaat Sunscreen Bagi Kesehatan Kulit dan Cara Memilihnya

Manfaat Sunscreen Bagi Kesehatan Kulit dan Cara Memilihnya

Sunscreen atau tabir surya adalah lotion atau gel kimiawi yang dapat menyaring sinar matahari supaya tidak langsung terpapar ke permukaan kulit Anda. Kebiasaan menggunakan sunscreen setiap hari sangatlah penting demi mencegah kanker kulit dan penuaan dini. Biasanya ditandai juga dengan bintik-bintik hitam dan perubahan warna kulit. Selain itu, sunscreen pelindung wajah ini juga memiliki manfaat - manfaat lainnya. Berikut ini manfaat dan cara memilih sunscreen.


Mencegah Kanker Kulit

Perlu Anda ketahui, sekitar 95% kanker kulit terjadi karena radiasi sinar UV dan matahari setiap hari. Agar bisa mencegah terjadinya kanker kulit, Anda bisa mencegahnya dengan membangun kebiasaan menggunakan sunscreen. 

Mencegah Penuaan Dini

Salah satu ciri kulit mengalami penuaan dini yaitu mulai muncul bintik-bintik hitam dan perubahan warna kulit. Jika Anda ingin terlihat awet muda, menggunakan sunscreen dan oleskan di permukaan kulit Anda setiap hari, terutama pada wajah agar penampilan Anda tetap terjaga. Jika Anda tidak menggunakan sunscreen, maka apabila Anda menggunakan lotion dan krim untuk perawatan kulit yang mahal sekalipun tidak akan bisa memberikan pengaruh. 

Cocok Dipakai Semua Usia

Tidak peduli berapa usia Anda, kulit Anda membutuhkan sunscreen perlindungan wajah dari sinar matahari yang juga berbahaya untuk anak-anak. Risiko terserang kanker kulit dapat menjadi tinggi daripada orang yang tidak terbiasa menggunakan sunscreen. Buat kebiasaan baik anak dalam hal mengoleskan sunscreen di permukaan kulit agar terbawa hingga mereka dewasa. Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik. 

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UVA dan UVB

Terdapat dua jenis sinar UV yang dipancarkan oleh matahari, yakni UVA (radiasi ultraviolet) dan UVB. Jenis sinar UV tersebut mempunyai intensitas yang terbilang sangat bervariasi. Namun perlu untuk Anda ketahui, intensitas sinar UVA akan sama saja pada saat musim dingin ataupun musim panas. Risiko kerusakan kulit akibat terpapar sinar UVA harus diwaspadai dengan melindungi diri setiap saat. Walaupun mungkin saja bisa terjadi perubahan musim, agar kulit Anda terhindar dari radiasi ultraviolet dan tidak terbakar. 

Melindungi Kulit Meski Cuaca Mendung atau Berawan

Menurut Skin Cancer Foundation, hingga 80% sinar UV bisa menembus awan tebal, termasuk awan saat cuaca mendung. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen meski cuaca mendung atau berawan.

Cara Memilih Sunscreen

Ketika Anda akan memilih produk sunscreen yang akan Anda gunakan, maka Anda harus ingat untuk membaca label dari kemasan produk sunscreen terlebih dahulu. Food and Drug Administration (FDA) adalah lembaga yang mengatur masalah makanan dan obat di Amerika Serikat menghimbau agar bisa mengikuti aturan ketika memilih produk sunscreen, diantaranya:

Pilih sunscreen dengan spektrum luas. Label produk sunscreen yang satu ini bisa membantu dalam melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar UVA dan sinar UVB. Semua produk sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB, tapi sinar UVA juga ikut berkontribusi terhadap risiko kanker kulit dan penuaan dini. Hanya produk sunscreen tertentu yang memiliki spektrum luas. 

Keterangan “water-resistant” pada produk sunscreen bukan berarti bisa tahan air. Jika di label produk terdapat klaim “water-resistant”, produsen juga harus menjelaskan berapa lama sunscreen dapat menempel di permukaan kulit Anda. Apakah 40 menit atau 80 menit? Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya aplikasikan sunscreen setiap 2 jam sekali dan lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat. 

Pastikan Anda memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Angka SPF menentukan tingkat perlindungan yang diberikan sunscreen untuk menangkal bahaya sinar UV. Semakin tinggi angka SPF, maka semakin banyak pula perlindungan yang diberikan. SPF 15 menyaring sekitar 93%, SPF 30 menyaring sekitar 97%, SPF 50 menyaring sekitar 98%, dan SPF 100 menyaring sekitar 99% sinar UVB. FDA juga mengingatkan bahwa sunscreen dengan SPF di bawah 15 bisa melindungi kulit dari sengatan matahari, tetapi tidak menjamin bisa menangkal risiko kanker kulit dan penuaan dini. 

Nah, itulah manfaat lain dari sunscreen pelindung wajah dan cara memilihnya yang perlu untuk Anda ketahui.

Comments