5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Belanja pada Promo Ramadhan 2020

Setiap bulan ramadhan, pasti akan ada banyak promo ramadhan yang dinanti, termasuk di tahun 2020 ini. Promo ramadhan 2020 menyediakan banyak potongan harga, promo spesial ramadhan lainnya di berbagai e-commerce maupun pusat perbelanjaan. Hal ini tentu saja menjadi waktu yang tepat bagi Anda dan keluarga memborong berbagai kebutuhan yang diperlukan dan inginkan.

Namun sebaiknya Anda perlu berbelanja dengan bijak dan hati-hati. Adanya banyak promo jika Anda gelap mata malah bisa membuat anggaran belanja Anda jebol. Atau malah gagal mendapatkan promo ramadhan karena kesalahan yang Anda perbuat. Maka sebelum berbelanja, lakukanlah beberapa persiapan agar dapat menghindari kesalahan.

Kesalahan Berbelanja Online Saat Promo Ramadhan


Promo Ramadhan JD ID

1. Tidak membaca syarat dan ketentuan dengan cermat
Umumnya promo yang berlaku di setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan yang harus Anda perhatikan. Misalnya saja terdapat minimal pembelian, jangka waktu yang ditentukan dan lainnya. Membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk promo yang Anda pilih, akan memudahkan Anda mendapatkan informasi dengan lengkap sehingga tidak ada hal yang membuat Anda menyesal di akhir.

2. Koneksi internet lemot
Saat masa promo ramadhan tiba, Anda perlu memahami bahwa ada jutaan manusia yang sama seperti Anda tengah menunggu di situs belanja online tersebut. Mengetahui hal ini, membuat Anda perlu mempersenjatai diri dengan koneksi internet yang cepat dan stabil. Usahakan untuk terhubung pada koneksi internet yang tidak lemot.

Jika tidak, tentu Anda bisa kehilangan kesempatan promo yang masa atau kuotanya terbatas. Hal ini pasti sangatlah menyebalkan.

3. Belum memiliki mobile banking
Berbelanja melalui e-commerce dan mobile banking adalah jodoh terbaik. Adanya mobile banking di smartphone Anda tentu saja memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran. Memang setiap e-commerce umumnya menyediakan berbagai metode pembayaran seperti melalui m-banking, ATM, indomaret/alfamart dan lainnya.

Membayar via m-banking tentu saja lebih praktis dan cepat dilakukan. Apalagi jika Anda dalam kondisi tidak bisa pergi keluar ruangan, akan sangat menyulitkan jika tidak memiliki m-banking. Kecuali, jarak alfamart/indomaret sangat dekat dari tempat tinggal Anda mungkin bisa Anda menuju kesana untuk melakukan pembayaran.

4. Tidak mencari tahu harga barang saat normal
Salah satu kesalahan yang bisa saja dialami oleh setiap orang adalah tidak mencari tahu lebih dahulu harga normal barang yang hendak dibeli. Bisa jadi, ada penjual yang menaikkan lebih dulu harga asli barang yang dijual baru kemudian didiskon. Trik ini tak jarang dilakukan oleh seller dengan memanfaatkan psikologis pembeli yang sangat menyukai tulisan sale atau diskon besar.

Mencari tahu lebih dahulu mengenai harga normal suatu barang, bisa membuat Anda berpikir lebih realistis. Anda juga bisa terhindar dari penjual yang melakukan penipuan. Dengan langkah ini, menjadikan Anda sebagai pembeli yang cerdas.

5. Tidak menyiapkan budget belanja
Meski terlihat sederhana, namun menyiapkan budget sebelum berbelanja tentu menjadi hal yang penting dilakukan. Anda bisa memprioritaskan barang apa saja yang hendak dibeli. Tidak emnyiapkan budget bisa membuat pengeluaran anda di bulan ini malah jebol karena gelap mata saat berbelanja.

Nah itu tadi beberapa kesalahan yang bisa terjadi ketika Anda berbelanja online saat promo ramadhan.  Pahamilah kebutuhan yang diperlukan agar Anda menjadi pembeli yang cerdas dan bijak. Semoga bermanfaat.

Comments