Berbahaya, Inilah Penyebab Komedo yang Masih Sering Disepelekan

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang bersih, sehat dan cerah setiap harinya, apalagi para perempuan. Tetapi keinginan itu sering sekali terhalang dengan banyaknya masalah yang sering muncul pada kulit wajah. Seperti komedo atau bintik hitam di wajah khususnya area V menjadi hal yang cukup menurunkan kepercayaan diri. Meskipun tidak terlalu terlihat dalam jarak jauh, namun ketika diamati secara detail itu akan membuat penampilan buruk. Jika tidak segera dihilangkan pasti akan berakhir masalah besar, sekalipun Anda sudah bermakeup.

komedo atau bintik hitam

Bintik kecil yang muncul pada pori kulit menjadi salah satu cikal bakal tumbuhnya jerawat membandel. Pada dasarnya masalah itu bisa muncul akibat terjadinya sumbatan pada pori kulit, penyumbatan itu sendiri terjadi karena adanya minyak atau sel kulit mati. Umumnya masalah itu muncul pada area wajah tetapi tidak menutup kemungkinan pula ada pada bagian leher, dada, bahu, punggung sampai dengan bagian lengan. Meskipun tidak membahayakan kesehatan tetapi hal itu bisa menjadi penyebab munculnya infeksi dan kemerahan pada bagian kulit Anda.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab bintik hitam, Anda perlu paham ada beberapa jenis masalah kulit tersebut secara umum seperti:

1. Bintik kecil hitam.
Ini merupakan salah satu jenis dimana terbukanya permukaan yang menyebabkan terpapar udara sehingga timbul warna hitam. Umumnya jenis yang satu ini tidak sakit karena memang tidak menimbulkan peradangan, tetapi perlu untuk segera diatas pula.

2. Bintik kecil putih.
Ketika permukaan tertutup oleh lapisan kulit, selain ada warna bintik hitam yang muncul juga bisa menyebabkan adanya bintik putih. Dinamakan jenis putih karena memang warna dari bintik tersebut.

3. Makro.
Dengan ukuran yang lebih besar, ini merupakan termasuk dalam jenis komedo putih. Tetapi memang lebih besar sehingga lebih tampak mata dengan jelas. Bukan saja membuat kesehatan kulit kurang tetapi juga membuat penampilan tidak percaya diri.

4. Solar.
Jangan salah sangka karena ini bukan jenis bahan bakar tetapi masih dalam jenis bintik hitam yang mengganggu pada kulit wajah. Tetapi berbeda dengan lainnya, jenis yang satu ini lebih banyak muncul pada area pipi, dagu atau bagian yang sering terpapar oleh sinar matahari.

Nah, setelah mengenai beberapa jenis bintik hitam pengganggu penampilan wajah. Saatnya untuk mengetahui apa saja penyebab berbahaya dari masalah kulit itu. Bintik hitam sendiri dikarenakan adanya sel kulit mati, minyak terlalu banyak dan semuanya terjebak dalam pori kulit. Hal itu akan semakin terlihat jika Anda termasuk dalam salah satu orang yang jarang membersihkan wajah, apalagi setelah menggunakan makeup. Selain itu, ada beberapa faktor pendukung lainnya yang menyebabkan masalah pada kulit wajah itu muncul. Seperti hormone, jenis makanan yang dikonsumsi, penggunaan kosmetik, stress dan masih banyak lagi lainnya.

Dari ulasan diatas memang cukup jelas jika bintik hitam pada kulit wajah itu tidak mengganggu kesehatan. Tetapi hal itu bukan berarti Anda tidak melakukan upaya mengurangi atau meminimalisir bintik hitam. Karena ada banyak cara yang dapat membuat Anda terhindar dari masalah tersebut seperti rajin melakukan cuci muka, menggunakan peralatan bersih, melakukan perawatan kulit dan masih banyak lagi lainnya. Meskipun tidak dapat menolak munculnya komedo secara tuntas tetapi paling tidak meminimalisir masalah tersebut. Dengan begitu sudah dapat dipastikan Anda akan mempunyai kulit sehat, bersih dan cerah. Terima kasih.

Comments