5 Tanda Pertama Anda Benar-Benar Positif Hamil

Menjadi kabar bahagia jika Anda dinyatakan positif hamil. Harapan untuk menimang buah hati sudah semakin dekat. Untuk mengetahui keberanarannya, Anda harus melakukan tes kehamilan. Jika sudah telat haid 5 hari, tunggulah sampai satu minggu agar tesnya lebih akurat. Di samping menunggu waktu tes, inilah tanda pertama yang menguatkan jika Anda benar-benar hamil.

Penciuman yang Sensitif

1.    Perubahan pada Payudara
Telat haid menjadi salah satu alasan diduga mengalami kehamilan. Akan tetapi, tidak semua kasus telat haid terjadi karena kehamilan. Terdapat cara untuk membedakan antara benar-benar hamil atau hanya telat haid saja. Kenalilah tanda pertama yang sering muncul.

Perubahan pada payudara berupa nyeri bisa menjadi pembedanya. Tanda ini memang muncul sebagai tanda kehamilan ataupun tanda menstruasi, namun frekuensinya berbeda. Pada tanda kehamilan, payudara terasa lebih nyeri dan terasa bengkak. Perubahan hormon membuat payudara lebih lunak dan sensitif.

Hal tersebut berbeda dengan perubahan payudara sebagai gejala menstruasi yang hanya terasa nyeri dan sedikit bengkak. Melalui perbedaan ini, Anda dapat mengetahui bahwa perubahan pada payudara yang dominan adalah tanda awal kehamilan.

2.    Kram Perut
Kram perut adalah tanda awal kehamilan yang muncul karena efek implantasi embrio ke dinding rahim. Perubahan hormon juga memengaruhi rasa sakit yang dialami. Kram perut ini umumnya dialami pada trimester pertama.

Gejala kram perut ini harus ditangani dengan baik agar tidak semakin sakit. Anda harus rileks dan merebahkan diri saat mengalami kram. Setelah itu, usahakan mengurangi aktivitas yang berat atau berlebihan. Istirahat sangat perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi yang prima.

3.    Penciuman yang Sensitif
Sensitivitas sangat naik drastis ketika mengalami kehamilan. Ibu hamil akan lebih sensitif dari segi penciuman. Aroma yang menyengat akan membuat ibu hamil merasa mual bahkan muntah, baik itu aroma yang sangat harum, aroma yang khas, maupun aroma tidak sedap.

Penciuman yang sensitif tersebut muncul karena perubahan hormon dan menjadi tanda bahwa Anda benar-benar positif hamil. Agar kondisi tetap prima, hindarilah aroma menyengat yang berpotensi menyebabkan mual atau bahkan muntah. Tindakan ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

4.    Sering Buang Air Kecil
Sering buang air kecil termasuk tanda pertama lainnya yang disebabkan oleh kehamilan. Jika Anda mengalami gejala ini ketika telat haid 5 hari, maka besar kemungkinannya bahwa sedang berada di masa awal kehamilan.

Seringnya buang air kecil tersebut disebabkan oleh perubahan hormon yang meningkatkan aliran darah. Karenanya, kandung kemih sebagai penampung menjadi lebih cepat dipenuhi urin. Hal ini menyebabkan buang air kecil semakin sering terjadi.

5.    Hilang Nafsu Makan
Kehilangan nafsu makan merupakan salah satu tanda pertama kehamilan yang umumnya dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini disertai dengan rasa lemas yang berlebihan. Dalam kondisi ini, Anda tidak selera makan dan hanya ingin beristirahat saja. Jika dibiarkan saja, maka hilangnya nafsu makan ini akan menurunkan kesehatan yang berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin.

Sebagai solusinya, Anda harus tetap mengonsumsi makanan dan minuman sesuai porsi gizi yang dibutuhkan ibu hamil. Pada mulanya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang lebih ringan, seperti sereal, roti, biskuit, susu, hingga buah-buahan berserat.

Setelah mulai bisa beradaptasi, mulailah mengonsumsi makanan favorit agar tetap selera makan. Dengan latihan terus menerus, Anda akan semakin sehat dan mampu mengembalikan nafsu makan seperti sedia kala.

Jika sudah telat haid 5 hari disertai munculnya gejala tersebut, maka menguatkan bahwa Anda tengah berbadan dua. Ketika gejala tersebut muncul, segera atasi dengan sikap yang rileks. Perhatikan pola makan dan pola istirahat agar stamina tetap prima seperti saran di Orami Magazine. Anda juga bisa membaca aneka panduan menjaga kehamilan secara keseluruhan.

Comments