6 Cara Berbelanja Online yang Aman Dan Terhindar Dari Penipuan

Untuk yang belum pernah sama sekali belanja online, mungkin akan merasa sedikit ragu ketika hendak mencoba beli barang via online. Ada beberapa alasan yang terkadang membuat sebagian orang khawatir ketika hendak berbelanja online, salah satu faktor terbesar adalah kepercayaan. Ya, takut ditipu, barang tidak sesuai dengan foto, pengiriman yang lama adalah sebagian diantaranya. Padahal, jika jeli dan teliti, sebenarnya bisa ko’ berbelanja online dengan aman. Mau tau tips dan cara berbelanja online yang aman dan bebas dari penipuan? Ini dia tipsnya!

Berbelanja Online yang Aman

1. Pilih Toko Online Yang Tepat
Saat ini, ada banyak toko online yang tersebar di dunia maya, kamu bisa dengan mudah menjumpai toko online di media sosial. Secara umum, toko online bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu toko online yang dikelola secara personal atau per orang, adapula berupa situs yang menyediakan tempat bagi banyak penjual online berkumpul yang biasa disebut dengan marketplace, ibarat di dunia nyata ini seperti mall. Sebelum memilih toko online mana yang kamu ingin beli barangnya, ada baiknya memilih yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Salah satu situs jual beli terpercaya, aman dan cukup terkenal yaitu Blibli.com. Kamu bisa memilih situs ini untuk berbelanja online.

2. Selidiki Dengan Membaca Ulasan 
Untuk semakin meyakinkan toko online yang kamu pilih bukan penipu, tidak ada salahnya menyelidiki track record toko online tersebut. Caranya, bisa dengan mencari informasi di internet atau membaca beberapa ulasan dan review dari orang-orang yang sudah pernah berbelanja di toko online. Dengan begitu, kamu sudah berusaha agar terhindar dari salah pilih dan tindak penipuan. Semakin banyak dan jelas ulasan yang kamu baca dan ketahui, maka akan sebaik.

3. Pilih Yang Menyediakan Layanan Customer Service
Perhatikan pula apakah toko online atau marketplace yang kamu pilih menyediakan layanan customer service. Hal ini sangat perlu sebagai antisipasi jika terjadi masalah dalam transaksi jual beli. Jika tercantum nomor kontak customer service, cek kepastiannya dengan menghubungi nomor yang tertera. Hal ini untuk memastikan bahwa nomor kontak tersebut memang benar dan dapat dihubungi.

4. Jaminan Garansi Atau Uang Kembali
Akan lebih baik lagi jika toko online memberikan jaminan garansi terhadap barang yang dijual atau jaminan uang kembali jika ternyata barang yang dikirimkan rusak, tidak sesuai atau bermasalah. Tentunya ini akan sangat membantu dan menjadi jaminan kalau kamu tidak akan rugi berbelanja di tempat tersebut.

5. Berdasarkan Rekomendasi
Teman atau saudara kamu mungkin sudah pernah berbelanja online di sebuah marketplace. Tanyakan tanggapannya terhadap marketplace tersebut, apakah pelayanannya bagus, barang yang dikirimkan sesuai, apakah harganya bersaing atau murah dan lainnya. Jika tanggapannya mengenai marketplace tersebut baik bahkan sampai merekomendasikan, maka kamu tidak perlu merasa kahwatir lagi jika ingin belanja online ditempat tersebut.

6. Nama Dan Nomor Rekening Jelas
Tips terakhir agar bisa berbelanja online yang aman adalah dengan memperhatikan nama serta no.rekening penjual online. Biasanya, setelah deal, calon pembeli akan diminta melakukan pembayaran, salah satu cara pembayaran yang umum dilakukan adalah dengan cara transfer, untuk itu dicantumkanlah no.rekening. Penjual online yang asli dan jujur pasti akan memberikan informasi no.rekening yang jelas. Jadi, perhatikan hal ini secara seksama.

Comments