Jenis Tawaran Kontrak Kerja yang Sebaiknya Ditolak Fresh Graduate

Mencari pekerjaan tidak lah mudah, terlebih bagi kamu Fresh Graduate. Fenomena ini sudah terjadi belasan tahun lama nya, minimnya lowongan kerja yang tersedia menyebabkan para pencari kerja harus bersaing ketat untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini terjadi merata di seluruh Indonesia, bukan hanya di beberapa kota besar saja.

Meski sulit nya mendapatkan pekerjaan, kamu sebagai Fresh Graduate harus tetap berhati-hati dalam memilih pekerjaan. Jangan sampai mengalami masalah hingga kerugian nanti nya, jangan hanya karena ingin cepat bekerja kamu menerima pekerjaan yang tidak wajar.

Fresh Graduate

Kamu sebagai Fresh Graduate harus tahu kalau beberapa peruhasaan tidak menerapkan sejumlah kebijakan yang wajar, tidak baik dan tidak dapat menjamin kesejahteraan serta hak-hak para pekerjanya. Kamu pasti tidak mau kan bekerja pada sebuah perusahaan yang seperti itu, yang tidak memperlakukan Fresh Graduate dengan baik dan layak, sebagaimana seorang pekerja pada umumnya.

Agar hal demikian tidak terjadi, kamu bisa mencermati kontrak kerja yang mereka sodorkan dan simak jenis tawaran kontrak kerja berikut ini:

Perusahaan Bermasalah
Sebagai Fresh Graduate kamu tentu menginginkan karir yang baik dan masa depan yang jelas nanti nya. Kecil atau pun besar nya perusahaan bukanlah sebuah ukuran untuk menentukan masa depan, yang mesti kamu perhatikan adalah keadaannya. Jangan sampai kamu memillih perusahaan yang bermasalah atau tidak sehat, karena perusahaan seperti ini akan mengalami kemunduran karena masalah nya. Jangan sampai kamu membuang-buang waktu dengan perusahaan yang bermasalah seperti ini.

Perusahaan Tidak Profesional
Sebagai Fresh Graduate, jangan sampai kamu menghadiri wawancara setelah kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini adalah salah satu contoh tidak profesional nya perusahaan, contoh lainnya mengirimkan undangan wawancara di luar jam kantor atau bahkan menelepon kamu di luar jam kantor.

Sebagai perusahaan, baik perusahaan besar atau pun perusahaan kecil Etika kerja sangat penting.

Gaji Tidak Sesuai
Meski kamu Fresh Graduate, jangan mau kamu menerima gaji yang tidak sesuai dengan tanggung jawab yang kamu emban nanti nya. Perlu kamu tau, ada banyak perusahaan yang memanfaatkan Fresh Graduate dengan membebankan pekerjaan yang sangat sulit dan sangat besar namun tidak di imbangi dengan gaji yang sesuai. Tolak jenis tawaran kontrak kerja yang seperti ini ya meski pekerjaan sulit kamu dapatkan.

Kontrak Kerja dan Karir yang Tidak Jelas
Sebagai Fresh Graduate kamu tentu menginginkan pekerjaan dan karir yang jelas bukan? Pahami secara lebih teliti perusahaan yang menawarkan kontrak kerja kepada kamu, amati secara keseluruhan dan jika memungkinkan bertanya lah kepada pekerja yang sudah lama bekerja disana tentang pengalamannya selama bekerja disana. Dan hal penting lainnya amati lingkungannya, apakah menurut kamu nyaman atau malah sebaliknya. Jangan sampai nanti nya kamu bekerja disana tidak nyaman dengan lingkungan yang ada.

Meski sebagai Fresh Graduate, banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu menerima tawaran kontrak kerja, termasuk hal-hal yang sudah di sebutkan di atas. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi kamu sebagai Fresh Graduate.

Sumber Artikel: https://bloghemat.com/fresh-graduate-tolak-tawaran-kontrak-kerja/

Comments