Inilah 4 Hal yang Wajib Dilakukan untuk Membuat Baterai Sepeda Listrik Tidak Mudah Rusak

Beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan inovasi terbaru kendaraan roda dua, diantaranya selain seri-seri fleksibel yang dapat dilipat, maka sekarang ini juga muncul jenis sepeda listrik. Pastinya tidak begitu asing dengan nama yang satu ini bukan. Jenis kendaraan yang memang tidak hanya membekalkan tenaga manusia saja untuk mengayuh agar bisa bergerak, namun sekarang ini juga dibekali dengan tambahan fungsi lain, yaitu tenaga listrik yang ditujukan untuk kebutuhan pemakaian yang lebih praktis tanpa harus mengayuhnya, tenaga listrik ini berasal dari sebuah baterai yang disisipkan kepada produk tersebut.

Baterai Sepeda Listrik Tidak Mudah Rusak

Nantinya untuk bisa mengisi dayanya cukup dengan cara charger atau diisi saja menggunakan seperangkat alat yang sudah disediakan. Model terbaru yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya adalah anak-anak, karena mereka ingin yang lebih praktis seperti halnya motor namun juga jauh lebih aman. Konsumen bisa dengan mudah mendapatkannya di pasaran, lalu berapa tawaran harganya? Dibandingkan dengan sepeda yang lain, model yang satu ini memang dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal.

Namun pastinya sesuai dengan keuntungan yang diberikan, praktis dipakai dan juga sangat nyaman. Hanya saja karena memang dibekali dengan sumber energi yang berasal dari baterai, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya model sepeda listrik ini juga paling rentan bermasalah. Diantara masalah yang paling sering terjadi ada di bagian baterainya, jika baterai sudah rusak pastinya harus membeli yang baru. Namun harga yang ditawarkan sendiri tentunya sangat mahal, jika dibandingkan dengan baterai pada umumnya, mengingat kapasitasnya yang cukup besar.

Untuk itu ketahui bagaimana langkah perawatan dari baterai kendaraan yang satu ini terlebih dahulu, diantaranya adalah:

1. Ketika digunakan pada jalanan yang menanjak maka jangan hanya mengandalkan tenaga listrik saja, karena inilah yang membuat energinya jadi mudah habis, lebih baik dibantu dengan cara mengayuhnya. Energi kayuhan ini bisa menghasilkan kecepatan yang lebih untuk bisa melalui jalanan yang menanjak tersebut, jika Anda hanya mengandalkan energi listrik secara otomatis cepat habis.
2. Jangan tunggu sampai habis, segera isi ulang jika jumlah energi baterai tersebut sudah minim, misalnya pada angka 10% dan lampu indikatornya sudah mulai berkedip. Sama halnya seperti sebuah smartphone maupun laptop ketika sering-sering dibiarkan habis kapasitas baterainya tentunya mudah menyebabkan terjadinya kerusakan, karena tidak ada energi atau kapasitas sama sekali yang ada di dalamnya. Akan berbeda ceritanya jika segera diisi ulang setelah isinya menipis.
3. Meskipun lama tidak digunakan, maka pastikan tetap mencharger atau isi ulang daya baterai kendaraan tersebut, memang ada kalanya ketika Anda malas menggunakan sepeda, maka tak akan memakainya sama sekali untuk waktu yang lama, perawatan baterai ini tetap penting dilakukan, paling tidak charger secara rutin untuk menjaganya tetap awet, karena kapasitas selalu full, baterai tak akan mati.
4. Untuk menambah kecepatan ketika tengah berkendara maka jangan memutar tuas akselerasinya terlalu cepat, mengganti tuas akselerasi terlalu cepat akan membuat daya yang disedot juga semakin cepat, sehingga kepastiannya secara otomatis berkurang dalam jumlah banyak.

Selain perawatan baterai sepeda listrik ini, maka tak kalah penting juga merawat body dan juga sparepart yang lainnya sehingga tidak mudah rusak. Pilah-pilih juga merk terbaik untuk kendaraan Anda tersebut, karena hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas ataupun daya tahannya.

Comments