4 Tips Menghemat Renovasi Rumah untuk Desain Rumah Minimalis

Renovasi rumah khususnya untuk desain rumah minimalis seringkali membuat banyak orang kebingungan. Terutama dalam hal mengatur dana agar pengeluaran tetap bisa terkontrol. Apalagi meskipun memiliki kesan minimalis, banyak sekali pengeluaran tak terduga yang seringkali terjadi. Tenang saja, berikut ini ada 5 tips untuk menghematnya.

Renovasi Rumah untuk Desain Rumah Minimalis

1. Membuat Skala Prioritas
Apakah kamu pernah mendengar skala prioritas dalam melakukan perbaikan rumah atau bangunan? Jika belum tahu, skala prioritas merupakan pengurutan dari hal yang paling dibutuhkan hingga hal yang diinginkan. Khusus untuk perbaikan bangunan atau rumah, membuat skala prioritas ini bisa menghemat dana dan juga membuat perbaikan lebih terfokus.

Contohnya, apabila di rumah kamu ada dua ruangan yang ingin diperbaharui yaitu dapur dan kamar. Maka pilihlah dari dua ruangan tersebut, mana yang mesti didahulukan dan mana yang bisa dilakukan nanti. Dengan melakukan hal ini maka dana yang kamu miliki bisa dikeluarkan untuk ruangan yang memang dibutuhkan segera.

2. Gunakan Bahan yang Masih Bisa Dimanfaatkan
Hal penting yang mesti diketahui dari konsep bangunan minimalis adalah sederhana tapi tetap terlihat menarik. Dengan konsep tersebut maka kamu tidak perlu lagi terpaku untuk membeli berbagai barang mahal. Cukup dengan memanfaatkan berbagai bahan yang masih tersedia tapi bisa dimanfaatkan. Tentunya hal ini akan sangat menghemat pengeluaran.

Sebut saja seperti pintu, jendela atau perabotan lama yang masih berkualitas. Kamu hanya tinggal mendekorasinya dengan sedikit kekreativitasan maka barang tersebut akan terlihat baru. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa memberikan corak unik pada desain rumah minimalis kamu.

3. Buat Perjanjian dengan Kontraktor
Kepercayaan pada kontraktor memang hal penting agar kedua pihak bisa sama-sama nyaman. Hanya saja, terkadang ada beberapa kontraktor nakal yang mengulur-ulur pekerjaan demi bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi. Hal ini pastinya akan membuat biaya untuk melakukan perbaikan bisa membengkak dari yang seharusnya.

Untuk mencegah hal tersebut maka penting untuk melakukan perjanjian terlebih dulu dengan kontraktor tersebut. Isi perjanjian tidak lebih tentang bagian apa yang mesti diperbaiki dan berapa lama waktu yang disetujui. Dengan melakukan hal ini maka kamu bisa mencegah kontraktor yang ingin berbuat nakal.

4. Lakukan Metode DIY
Apa itu metode DIY? Tidak lain adalah Do It Yourself. Dalam arti kata lain, apabila kamu yakin ada beberapa letak atau desain dari perabotan yang bisa dikerjakan sendiri maka lakukanlah. Apalagi kamu yakin dengan melakukannya sendiri bisa lebih sesuai dengan ekspektasi kamu. Tentunya hal ini akan lebih menghemat pengeluaran dari dana yang tersedia.

Sebenarnya untuk lebih mudah, sangat disarankan bagi kamu untuk menyewa jasa renovasi rumah yang berpengalaman dan bisa dipercaya. Seperti yang tersedia di website www.sejasa.com yang lebih memudahkan kamu dalam mendapatkan profesional dalam bidang yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat.

Comments